Selasa

Ruri, Pengusaha (ter)Muda di Jogjakarta

JOGJAKARTA (20/3)- Disaat mahasiswa seusianya sedang sibuk-sibuknya mengurusi tugas kuliah, namun Septiana Heriana sudah sibuk mengurusi LCD 47 inch sebanyak 24 buah di setiap tempat di bandara Adi Suctipto dengan nilai ratusan juta rupiah.

Awalnya Ruri (begitu panggilan akrabnya) yang berkuliah di jurusan ilmu komunikasi Universitas Gadjah Mada program D3 periklanan ini memang tidak pernah menyangka bisa menjadi pengusaha muda. Namun Ruri mempunyai prinsip dasar pada hidupnya, yaitu ia harus selangkah lebih maju dibanding teman-temannya.

Di tahun keduanya ia berkuliah, disaat teman-teman seangkatannya sibuk kuliah, Ruri mulai memberanikan diri untuk magang di dunia broadcasting. Hingga akhirnya pas di hari ulang tahunnya yang ke 20, Ruri mendapatkan tawaran untuk bekerja secara professional sebagai tenaga pengajar, masih di bidang broadcasting tentunya. Setelah itu Ruri pun mulai memberanikan diri untuk menjadi tenaga buruh lepas atau yang biasa disebut freelance. Pengalaman yang didapat saat menjadi freelance adalah mempunyai networking yang luas.

Kurang lebih setahun Ruri menjadi freelance, Ruri kembali menjadi tenaga kerja professional. Kali ini bukan di bidang broadcasting, tetapi menjadi Strategic Planner di Think Tank Communications. Dan akhirnya pada akhir tahun 2007 Ruri keluar keluar dan mendirikan Hey Creative! Communication. Hey Creative! Communication merupakan perusahaan marketing komunikasi yang saat ini mengerucut ke bidang media komunikasi. Ruri mengajak teman-temannya yang juga keluar dari Think Tank Communications untuk bergabung dengannya. Hey Creative! Communication inilah yang menjadikan Ruri menjadi seorang pengusaha muda.

Di bawah ini adalah wawancara KEEPers (yang diwakili oleh Arga) dengan Ruri , seputar proyek Flight Information System Display yang ada di bandara Adi Sutcipto:

Kenapa sih kok memilih bidang media?
Saat itu saya termotivasi untuk berinovasi dan saya melihat ada peluang bisnis sangat bagus di bidang media


Awal proyek di Hey Creative! Communication?

Setelah melihat ada peluang bisnis di bidang media akhirnya kita memfokuskan diri terjun di bidang media (bukan lagi di marketing komunikasi). Proyek pertama kita ya ini, Flight Information System Display

Bisa dijelaskan apa itu Flight Information System Display?
Yaitu, media audio visual yang diletakkan di bandara, seperti memindahkan televise ke bandara. Ada 24 LCD yang kita letakkan di sana

Bagaimana cara anda mendanai proyek tersebut?
Karena modal yang ada cuma otak aja, jadi kita membuat konsep yang sangat matang

Bagaimana cara anda meyakinkan investor untuk menaruh modalnya?
Ya dengan bisnis plan yang baik tentunya

Apakah anda tidak takut gagal dengan kerugian yang besar?
Memang resiko selalu ada, dan semua itu ada didalam bisnis plan yang kita buat, sehingga maju terus pantang mundur

Apa kiat-kiat yang bisa diberikan kepada KEEPers, agar bisa seperti anda?
Konsistenlah dengan masterplan yang udah kalian bikin, dan banyak-banyaklah membuat networking disaat usia masih muda
Powered By Blogger